Teknologi Pembelajarran

PENGERTIAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

A.Pemahaman dan latar belakang TPB

      Pemahaman  dapat dicermati dari praktek pembelajaran dari gerakan komunikasi audio visual.TPB semula
Dilihat sebagai teknologi peralatan,media sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran peralatan atau dengan kata lain mengajar dengan alat bantu audio visual.Menurut “Sudjana dan Ahmad Rifa’I (1989;58)
Mengungkapkan bahwa in ditegaskan oleh istilah audio visual bermakna sejumlah peralatan yang dipakai oleh para guru dalam menyampaikan konsep ,gagasan dan pengalaman yang tangkap oleh indra pandang dan pendengaran. Dan ditegaskan oleh Sri Anitah (2008;52) bahwa melalui media audio visual seseorang tidak hanya bisa melihat atau mengamati sesuatu , melainkan sekaligus dapat mendengar sesuatu yang divisualisasikan.Dari berbagai uraian para pakar diatas dapat dipahami bahwa TPB tidak hadir secara serta merta melainkan dilator belakangi oleh suatu media.Media yang dimaksud belum mengarah pada tujuan pembelajaran.Oleh sebab itu masih sangat tidak mudah untuk dipahami dalam aplikasi proses belajar mengajar.Dan untuk memperjelas pengertian TPB,dipaparkan sebagai berikut

B.Pengertian TPB
   Pemahaman TPB muncul dari tinjauan historis secara fenomenologis sebagaimana dipaparkan pada bagian BAB I mengenai tinjauan historis TPB,maka perkembangan saat ini pemahaman pengertian TPB seperti yang dikemukakan dibawah ini.

 1.Rohmat (2013;56-58)

     Teknologi pendidikan adalah suatu proses terpadu sistim dalam perencanaan,implementasi,pengembangan,monitoring dan evaluasai berorientasi tujuan kepada seluruh aspek kehidupan manusia seterusnya.Teknologi Pembelajaran adalah proses yang komplek,terpadu sistematis,mencakup ide,perencanaan memuat orang pesan,alat ,bahan,teknik dan latar pengelolaan pengembangan,monitoring serta evaluasi yang berorientasi pada tujuan terarah dan terkontrol.

2.Luppicini,R. (2005;103)
  “‘ Educational technology is the field concerned with the design development.utilization,management and          evaluation of prosses and resources for learning’'

3.AECT ( 2004;7)

“Education technology is the study and ethical practice of facilitating learning and improving performance by creating using and managing appropriate  tehnological processes and resources”
 
4.EACT (1994;1)

Instractional technology is the theory and practice of design development,utilization,management,and evaluation of process and resources for learning”

5. MacKenzie dan Eraut 1971; 52 )

  Educational Teis s technology is a systetsmatic study of the  in which goals can be achieved technology          Pembelajaran perspektif Pendidikan Islam

 Dari berbagai uraian mengenai pengertian TPB dari masa lampau hingga sekarang memiliki pemahaman yang tidak jauh berbeda .Secara mendasar muatan TPB adalah sama.Namun mengalami penyempurnaan dari waktu ke waktu sesuai dengan fokus dan paning dengan perkembandangan yang semakin di kehidupan manusia.TPB mengalami evolusi seiring  perkembngan ilmu pengetahuan dan teknologi.
TPB adalah suatu proses yang komleksistimatis,terpadu,mntasencakup perancangan implementasi,pengembangan,monitoring dan evaluasi serta riset berorientasi tujuan kepada seluruh aspek kehidupan manusia dalam suatu pengelolaan.


C.Teknologi Pendidikan ( TEP )
      
Hampir semua orang dan pakar mengungkapkan bahwa TEP Mempunyai perwujudan dari
, benda separti Over Head projector  ( OHP),LCD,computer,laser pointer,dua demensi,tiga demensi tanpa proyektor,audio,audio visual,muti media audio visual media komunikasi.padahal semua ini adalah benda
Atau barang diungkap sebagai media.TEP.semata mata bukan benda / barang merupakn media tertentu dan merupakan proses yang kompleks terpadu,mencakup ide,perancangan,yang didalamnya terdiri dari orang,pesan ,teknik dan alat bahan latar ,pengelolaan,pengembangan monitoring serta evaluasi dari semua aspek kehidupan manusia.

1.   Lokakarya Nasional Teknologi  Pendidikan ( Yogyakarta,1980;140 )

“Suatu bidang yang berkepentingan dengan  usaha memudahkan proses belajar dengan cirri-ciri khas;(1) member perhatian khusus dan pelayanan pada kebutuhan yang unik dari masing-masing sasaran didik.(2)
Menggunakan aneka ragam dan sebanyak mungkin smberbeajar dan (3) Menerapkan pendekatan sistem.

2.  Nasution (1982;7)
                                                                                                                                           
 Pengembangan penerapan dan penelitian sistim sistim  teknik dan alat bantu  untuk  memperbaiki dan meningkatkan proses belajar manusia.
3.AECT (1986;18-19)
 Proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan orang,prosedur,ide,peralatan organisasi yang menganalisis masalah ,mencari jalan pemecahan masalah yang menyangkut semua aspek belajar manusia.
4.Rohmat (penulis)

    “Teknologi Pendidikan adalah suatu proses terpadu,sistimatis,dalam perancangan,implementasi pengembangan,monitoring dan evaluasi beorientasi tujuan kepada seluruh aspek kehidupan manusia.

Komentar

ARTIKEL LAINNYA

Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur (1)