Teknologi Pembelajarran
PENGERTIAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
A.Pemahaman dan latar belakang TPB
Pemahaman dapat dicermati dari praktek pembelajaran dari
gerakan komunikasi audio visual.TPB semula
Dilihat sebagai teknologi peralatan,media sarana untuk mencapai tujuan
pembelajaran peralatan atau dengan kata lain mengajar dengan alat bantu audio
visual.Menurut “Sudjana dan Ahmad Rifa’I (1989;58)
Mengungkapkan bahwa in ditegaskan oleh istilah audio visual bermakna
sejumlah peralatan yang dipakai oleh para guru dalam menyampaikan konsep
,gagasan dan pengalaman yang tangkap oleh indra pandang dan pendengaran. Dan
ditegaskan oleh Sri Anitah (2008;52) bahwa melalui media audio visual seseorang
tidak hanya bisa melihat atau mengamati sesuatu , melainkan sekaligus dapat
mendengar sesuatu yang divisualisasikan.Dari berbagai uraian para pakar diatas
dapat dipahami bahwa TPB tidak hadir secara serta merta melainkan dilator belakangi
oleh suatu media.Media yang dimaksud belum mengarah pada tujuan
pembelajaran.Oleh sebab itu masih sangat tidak mudah untuk dipahami dalam
aplikasi proses belajar mengajar.Dan untuk memperjelas pengertian
TPB,dipaparkan sebagai berikut
B.Pengertian TPB
Pemahaman TPB muncul dari
tinjauan historis secara fenomenologis sebagaimana dipaparkan pada bagian BAB I
mengenai tinjauan historis TPB,maka perkembangan saat ini pemahaman pengertian
TPB seperti yang dikemukakan dibawah ini.
1.Rohmat (2013;56-58)
Teknologi pendidikan adalah suatu
proses terpadu sistim dalam perencanaan,implementasi,pengembangan,monitoring
dan evaluasai berorientasi tujuan kepada seluruh aspek kehidupan manusia
seterusnya.Teknologi Pembelajaran adalah proses yang komplek,terpadu
sistematis,mencakup ide,perencanaan memuat orang pesan,alat ,bahan,teknik dan
latar pengelolaan pengembangan,monitoring serta evaluasi yang berorientasi pada
tujuan terarah dan terkontrol.
2.Luppicini,R. (2005;103)
“‘ Educational technology is the field
concerned with the design development.utilization,management and evaluation of prosses and resources
for learning’'
3.AECT ( 2004;7)
“Education
technology is the study and ethical practice of facilitating learning and
improving performance by creating using and managing appropriate tehnological processes and resources”
4.EACT
(1994;1)
Instractional
technology is the theory and practice of design
development,utilization,management,and evaluation of process and resources for
learning”
5. MacKenzie dan Eraut 1971; 52 )
Educational Teis s technology is a
systetsmatic study of the in which goals
can be achieved technology
Pembelajaran perspektif Pendidikan Islam
Dari berbagai uraian mengenai pengertian TPB
dari masa lampau hingga sekarang memiliki pemahaman yang tidak jauh berbeda
.Secara mendasar muatan TPB adalah sama.Namun mengalami penyempurnaan dari
waktu ke waktu sesuai dengan fokus dan paning dengan perkembandangan yang
semakin di kehidupan manusia.TPB mengalami evolusi seiring perkembngan ilmu pengetahuan dan teknologi.
TPB
adalah suatu proses yang komleksistimatis,terpadu,mntasencakup perancangan
implementasi,pengembangan,monitoring dan evaluasi serta riset berorientasi
tujuan kepada seluruh aspek kehidupan manusia dalam suatu pengelolaan.
C.Teknologi
Pendidikan ( TEP )
Hampir
semua orang dan pakar mengungkapkan bahwa TEP Mempunyai perwujudan dari
, benda
separti Over Head projector (
OHP),LCD,computer,laser pointer,dua demensi,tiga demensi tanpa
proyektor,audio,audio visual,muti media audio visual media komunikasi.padahal
semua ini adalah benda
Atau
barang diungkap sebagai media.TEP.semata mata bukan benda / barang merupakn
media tertentu dan merupakan proses yang kompleks terpadu,mencakup
ide,perancangan,yang didalamnya terdiri dari orang,pesan ,teknik dan alat bahan
latar ,pengelolaan,pengembangan monitoring serta evaluasi dari semua aspek
kehidupan manusia.
1. Lokakarya Nasional Teknologi Pendidikan ( Yogyakarta,1980;140 )
“Suatu
bidang yang berkepentingan dengan usaha
memudahkan proses belajar dengan cirri-ciri khas;(1) member perhatian khusus
dan pelayanan pada kebutuhan yang unik dari masing-masing sasaran didik.(2)
Menggunakan
aneka ragam dan sebanyak mungkin smberbeajar dan (3) Menerapkan pendekatan
sistem.
2. Nasution (1982;7)
Pengembangan penerapan dan penelitian sistim
sistim teknik dan alat bantu untuk
memperbaiki dan meningkatkan proses belajar manusia.
3.AECT (1986;18-19)
Proses yang kompleks dan
terpadu yang melibatkan orang,prosedur,ide,peralatan organisasi yang
menganalisis masalah ,mencari jalan pemecahan masalah yang menyangkut semua
aspek belajar manusia.
4.Rohmat (penulis)
“Teknologi Pendidikan
adalah suatu proses terpadu,sistimatis,dalam perancangan,implementasi
pengembangan,monitoring dan evaluasi beorientasi tujuan kepada seluruh aspek
kehidupan manusia.
Komentar