Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur (1)
Contoh Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur untuk siswa MTs Kelas IX mata pelajaran Qur'an Hadits Semester Gasal Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah sebagai berikut:
TUGAS MANDIRI
TERSTRUKTUR DAN TIDAK TERSTRUKTUR
Nama
Madrasah : MTs
Mata
Pelajaran : Qur’an Hadits
Kelas/Semester : IX / Gasal
Tahun
Pelajaran : 2016/2017
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.1. Menyadari keutamaan membaca al Qur’an dengan
baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
2.1. Terbiasa membaca al Qur’an dengan baik dan benar
dalam kehidupan sehari-hari
3.1. Memahami ketentuan hukum mad silah, mad badal, mad
tamkrn, dan mad farqi dalam Q.S. al-Qari‘ah (101), Q.S.
al-Zalzalah (99) dan pada surah-surah
pendek pilihan
4.1. Mempraktikkan hukum mad silah, mad
badal, mad tamkrn, dan mad farqi dalam Q.S. al-Qari‘ah (101), Q.S.
al-Zalzalah (99) dan pada surah-surah
pendek pilihan.
|
Carilah
dengan mengadakan penelitian ayat-ayat di dalam al-Qur’an yang mengandung
hukum bacaan mad silah, mad badal, mad tamkin dan mad farqi dengan mengisikan
hasil penelitian kalian pada kolom-kolom yang sesuai!
|
Dikumpulkan pada pertemuan minggu berikutnya
|
Tugas mandiri terstruktur
|
1.3. Meyakini kekuasaan Allah pada fenomena alam yang
terjadi
2.2. Terbiasa menyikapi dengan baik fenomena alam
sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Qari‘ah (101),
Q.S. al-Zalzalah (99)
3.2. Memahami isi kandungan Q.S. al-Qari‘ah (101,
Q.S. al-Zalzalah (99) tentang
fenomena alam dalam kehidupan
|
Hafalkan QS.al-Qariah dan al-Zalzalah beserta terjemahannya!
|
Hafalkan sebelum ulangan tengah semester gasal
|
Tugas mandiri tidak terstruktur
|
1.2. Menyadari pentingnya menjaga kelestarian alam
2.3. Memiliki sikap peduli terhadap lingkungan
sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan hadis tentang
kelestarian alam
3.3. Memahami keterkaitan isi kandungan hadis riwayat
At-Tirmizi riwayat Ibnu Majah, riwayat Ahmad, riwayat Al-Bazzar, tentang
perilaku menjaga dan melestarikan lingkungan alam dengan fenomena kehidupan
dan akibatnya.
4.2. Mendemontrasikan sikap
tentang upaya pelestarian alam sesuai hadis riwayat At-Tirmizi riwayat Ibnu
Majah riwayat Ahmad riwayat Al-Bazzar tentang
menjaga dan melestarikan lingkungan alam
|
Hafalkan hadits tentang kelestarian alam yang diriwayatkan oleh At-Tirmizi riwayat
Ibnu Majah riwayat Ahmad riwayat Al-Bazzar beserta artinya !
|
Hafalkan sebelum ulangan akhir semester gasal
|
Tugas mandiri tidak terstruktur
|
Komentar