Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur (1)

Contoh Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur untuk siswa  MTs Kelas IX mata pelajaran Qur'an Hadits Semester Gasal Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah sebagai berikut:
TUGAS MANDIRI
TERSTRUKTUR DAN TIDAK TERSTRUKTUR

Nama Madrasah         : MTs
Mata Pelajaran           : Qur’an Hadits
Kelas/Semester           : IX / Gasal
Tahun Pelajaran          : 2016/2017

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan  pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah,  menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


Kompetensi Dasar
Kegiatan
Waktu
Keterangan
1.1.  Menyadari keutamaan membaca al Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
2.1.  Terbiasa membaca al Qur’an dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
3.1.  Memahami ketentuan  hukum mad silah, mad badal, mad tamkrn, dan mad farqi dalam Q.S. al-Qari‘ah (101), Q.S. al-Zalzalah (99)  dan pada surah-surah pendek pilihan
4.1.  Mempraktikkan hukum mad silah, mad badal, mad tamkrn, dan mad farqi dalam Q.S. al-Qari‘ah (101), Q.S. al-Zalzalah (99)  dan pada surah-surah pendek pilihan.
Carilah dengan mengadakan penelitian ayat-ayat di dalam al-Qur’an yang mengandung hukum bacaan mad silah, mad badal, mad tamkin dan mad farqi dengan mengisikan hasil penelitian kalian pada kolom-kolom yang sesuai!
Dikumpulkan pada pertemuan minggu berikutnya
Tugas mandiri terstruktur
1.3.  Meyakini kekuasaan Allah pada fenomena alam yang terjadi
2.2.  Terbiasa menyikapi dengan baik fenomena alam sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Qari‘ah (101), Q.S. al-Zalzalah (99)
3.2.  Memahami isi kandungan Q.S. al-Qari‘ah (101, Q.S. al-Zalzalah (99)   tentang fenomena alam dalam kehidupan
Hafalkan QS.al-Qariah dan al-Zalzalah beserta terjemahannya!
Hafalkan sebelum ulangan tengah semester gasal
Tugas mandiri tidak terstruktur
1.2.  Menyadari pentingnya menjaga kelestarian  alam
2.3.  Memiliki sikap peduli terhadap lingkungan sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan hadis tentang kelestarian alam
3.3.  Memahami keterkaitan isi kandungan hadis riwayat At-Tirmizi riwayat Ibnu Majah, riwayat Ahmad, riwayat Al-Bazzar, tentang perilaku menjaga dan melestarikan lingkungan alam dengan fenomena kehidupan dan akibatnya.
4.2.  Mendemontrasikan sikap tentang upaya pelestarian alam sesuai hadis riwayat At-Tirmizi riwayat Ibnu Majah riwayat Ahmad riwayat Al-Bazzar tentang  menjaga dan melestarikan lingkungan alam
Hafalkan hadits tentang kelestarian alam  yang diriwayatkan oleh At-Tirmizi riwayat Ibnu Majah riwayat Ahmad riwayat Al-Bazzar beserta artinya !
Hafalkan sebelum ulangan akhir semester gasal
Tugas mandiri tidak terstruktur

Komentar