WEBINAR: INJEKSI COMPUTATIONAL THINKING


Dalam rangka upaya mengptimalkan potensi, serta meningkatkan kompetensi dan kualitas sisw madrasah melalui pembekalan Computational Thinking (CT), Direktorat Kurikulum, Sarana Kelembagaan Dan Kesiswaan  (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyeenggarakan kegiatan seminar online dengan tema INJEKSI COMPUTATIONAL THINKING DI MADRASAH. Kegitan tersebut dibuka oleh Menteri Agama RI Jenderal (purn)  H. Fachrul Razi.

Menteri Agama RI 

Dalam pembukaannya beliau menyampaikan hadist dari Rasulullah SAW. “Didiklah anak-anakmu, karena sesungguhnya ia akan hidup di jaman yang tidak sama dengan jamanmu”. Hal ini dimaksudkan karena tuntutan dunia pendidikan yang semakin mendesak para pendidik untuk terus berinovasi. Rangkaian acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Republik Indonesia Prof. Dr. M. Ali Ramdhani, MT. Beliau menyampaikan bahwa “kata kunci untuk mengahadapi revolusi industri 4.0 dan era society 5.0 harus dengan pengembangan sumber daya manusia yang kuat, inovasi untuk madrasah akan dihadirkan Computational Thinking, tujuannya adalah untuk menyiapkan anak-anak madrasah di masa depan agar bisa mengikuti dinamika jamannya”.

Direktur KSKK Kemenag RI

Direktur KSKK Madrasah Dr. H. A Umar, MA. Dalam kata pengantarnya beliau menyampaikan, ” kita harus merasa malu karena posisi kita di PISA (Program Of International Student Assessment) tahun 2018 adalah rangking 74 dari 79 negara, dan yang lebih memalukan lagi kita dibawah Vietnam. Oleh karena itu, kawan-kawan warga Madrasah seluruh Indonesia, kita sebagai warga madrasah yang memiliki kadar keimanan yang leboh tinggi, kekuatan iman yang lebih besar posisi kita sebagai negara Indonesia mayoritas muslim yang kaya raya harusnya malu dengan hal ini dan menjadikan semangat untuk memperbaiki diri, dan mulai hari ini kita songsong masa depan Madrasah Hebat Bermartabat kelas dunia dimulai dengan berfikiran solutif dengan Computational Thinking.

Para Guru Peserta Webinar
Para guru MTsN 1 Klaten Fillial Jeblog sangat antusias dan penuh perhatian sampai moderator menutup acara webinar. Kesan mendalam selaku guru, di antara puluhan ribu guru yang ikut seminar kali ini, untuk menerapkan ilmu yang didapat pada seminar online kali ini. Menjadi tantangan tersendiri memacu dan memicu skill mewujudkan peserta didik yang mampu high thinking dan berpikir kritis mampu menghadapi tantangan jaman dan permasalahan hidup secepat komputer, sebuah harapan. Penulis  berharap bahwa cita-cita luhur ini hendaknya tidak lepas dari tuntunan Allah dan RasulNya. Bukankah Allah dan RasulNya sudah membuat rambu-rambu cara mendidik anak dan generasi keturanan kita semua dengan sempurna?


-AMR-




Komentar

ARTIKEL LAINNYA

International Islamic University

OUTING CLASS DI PASAR TRADISIONAL