PEMBELAJARAN DIGITAL DI KELAS


Pembelajaran digital atau digital learning adalah segala jenis pembelajaran yang disertai dengan menggunakan teknologi dalam pengajaran atau memanfaatkan teknologi di dalam pembelajaran secara efektif.(Wikipedia).
Era revolusi industri 4.0 berpengaruh terhadap model pembelajaran yang diterapkan di dalam pengajaran. Ali Bin Abi Thalib pernah berpesan " Didiklah anak anakmu sesuai jamannya. Karena mereka hidup bukan di jamanmu.
Guru harus tahu bahwa anak anak didik sekarang lebih sering mengakses internet, lebih sering menggunakan gadget daripada membaca buku, tidak tahu apa yang mesti dicari (browsing), menerima mentah mentah informasi yang di dapat di internet walaupun salah.
Oleh sebab itu dengan digital learning siswa tidak lagi menggunakan gadget nya untuk hal hal yang tidak berguna tapi mereka termotivasi untuk belajar dengan menyenangkan. Keberanian guru merubah model pembelajaran kepada pembenaran digital patut dicontoh. Kelas tidak lagi menyeramkan dan menakutkan, akan tetapi menyenangkan dan merindukan.


Penulis:
Muhammad Amirudin
Guru MTsN 1 Klaten Fil. Jeblog

Komentar

ARTIKEL LAINNYA

Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur (1)