SIMPATI SISWA PADA GURU

Guru di Indonesia diperingati setiap tahun di bulan Nopember hari ke 25. Di beberapa Negara hari guru diperingati di bulan yang berbeda setiap tahunnya. Bahkan di beberapa Negara ditetapkan sbagais hari libur Nasional.
Guru merupakan sosok yang menjadi panutan warga bangsa. Generasi bangsa dihasilkan dari kerja keras guru. Walaupun demikian masih saja beberapa pandangan sebelah mata terhadap jerih payahnya seorang guru. Kebutuhan ekonomi keluarga sering menjadi kendala maksimalnya kinerja guru. Di sana-sini tampak guru masih mencari tambahan penghasilan untuk mencukupi kebutuhan keluarga dikarenakan honor ataupun gaji yang masih kurang memadai. Peningkatan kesejahteraan guru sudah diupayakan pemerintah saat ini. Apalah artinya peningkatan kesejahteraan bila kebutuhan hidup meningkat pula nilainya.
Ungkapan simpati atas jerih payahnya guru yang tiada terhingga justru datang dari siswa siswinya. Cukuplah mengobati kegundahan guru atas situasi di atas. Siswa secara spontan tanpa disuruh gurunya mengungkapkan selamat hari guru dengan lisan maupun tulisan. Seraya berdoa semoga guruku diberikan umur panjang dan kesehatan serta kesejahteraan. Doa menjadi napas guru setiap pagi diawali dengan shalat Dhuha hingga sore tiba.
Guru sebagai ganti orang tua siswa di rumah, mempunyai harapan kesuksesan anak didiknya kelak menjadi manusia yang beradab di Negeri ini. Bila suatu bangsa beradab generasi penerusnya, maka akan maju pula bangsa ini. Serasa tiada lagi kenikmatan seorang guru selain melihat siswanya beradab, berguna bagi diri dan keluarga, bangsa dan negara.

Terima kasih anak anakku semua, teruslah belajar dan belajar, hidup adalah belajar.

Komentar

ARTIKEL LAINNYA

Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur (1)