BUDAYA KOMUNIKASI DALAM KELUARGA



Budaya berarti daya upaya membiasakan sesuatu perbuatan. Komunikasi berarti suatu proses seseorang atau beberapa orang menggunakan informasi agar terhubung dengan orang lain. Biasanya komunikasi itu menggunakan lisan atau verbal. Sedangkan keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul di suatu tempat.
Budaya komunikasi dalam keluarga berarti membiasakan menyampaikan informasi secara verbal dengan anggota keluarga (suami, istri, anak). Terlebih lagi bila anggota keluarga jarang saling bertemu karena kesibukan masing masing. Atau juga bisa karena setiap anggota keluarga saling diam dan asyik dengan acara televisi, atau gadget. Anak yang terbiasa dengan budaya komunikasi, biasanya akan familiar dengan sesama temannya. Sehingga banyak pengalaman yang didapat dan akan terus haus dengan informasi apapun.

Budaya komunikasi ini akan mendorong anak untuk menggali informasi, terutama dengan buku bacaan. Rasa suka anak dengan buku bacaan sama suka mereka dengan permainan, gadget, acara televisi. Masalahnya tidak semua keluarga bisa menerapkan budaya ini.

Komentar

ARTIKEL LAINNYA

Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur (1)