Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur (2)
Contoh Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur untuk siswa MTs Kelas VIII mata pelajaran Qur'an Hadits Semester Gasal Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah sebagai berikut:
TUGAS MANDIRI
TERSTRUKTUR DAN TIDAK TERSTRUKTUR
Nama
Madrasah : MTs
Mata
Pelajaran : Qur’an Hadits
Kelas/Semester : VIII / Gasal
Tahun
Pelajaran : 2016/2017
Kompetensi Inti:
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.1. Menyadari keutamaan membaca al Qur’an
dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
2.1. Terbiasa membaca al Qur’an dengan baik dan
benar dalam kehidupan sehari-hari
3.1. Memahami ketentuan hukum bacaan mad ‘iwad,
mad layin, dan mad ‘arid lissukun dalam Al-Qur’an surah-surah
pendek pilihan
4.1. Menerapkan hukum bacaan mad ‘iwad, mad
layin, dan mad ‘arid lissukun dalam Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
|
Carilah
dengan mengadakan penelitian ayat-ayat di dalam al-Qur’an yang mengandung
hukum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘aridh lissukun dengan mengisikan
hasil penelitian kalian pada kolom-kolom yang sesuai!
|
Dikumpulkan pada pertemuan minggu berikutnya
|
Tugas mandiri terstruktur
|
1.2. Meyakini bahwa setiap rezeki telah ditentukan
Allah
2.2. Terbiasa bersikap taat sebagai implementasi
dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Quraisy dan Q.S. al-Insyirah (94)
tentang ketentuan rezeki dari Allah.
3.2. Memahami isi kandungan Q.S. al-Quraisy dan Q.S.
al-Insyirah (94) tentang
ketentuan rezeki dari Allah
4.2. Mensimulasikan sikap tolong menolong dan peduli terhadap anak
yatim Q.S. al-Kautsar (108) dan Q.S. al-Ma‘un (107)
|
Hafalan Q.S. al-Quraisy dan QS.al-Insyirah terjemahannya!
|
Dihafalkan hingga sebelum
ulangan akhir semester gasal
|
Tugas mandiri tidak terstruktur
|
1.3. Menghayati keutamaan tolong-menolong dan
menyantuni anak yatim
2.3. Memiliki sikap tolong menolong dan
mencintai anak yatim sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan
Q.S. al-Kautsar (108) dan Q.S. al-Ma’un (107) dan hadis tentang perilaku
tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar
3.3.
Memahami isi kandungan Q.S. al-Kautsar (108) dan Q.S. al-Ma’un (107)
tentang kepedulian sosial dan isi kandungan hadis tentang perilaku
tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar dan
hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah dan hadis tentang mencintai anak yatim riwayat Al-Bukhari dari Sahl bin Saad dan hadis riwayat Ibnu
Majah dari Abu Hurairah dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
4.3.
Mensimulasikan sikap tolong menolong sesame muslim seauai isi kandungan hadis tentang
tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu
Umar dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah dan hadis tentang
mencintai anak yatim riwayat Al-Bukhari dari Sahl bin Saad dan hadis riwayat Ibnu
Majah dari Abu Hurairah dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
|
Hafalkan hadits tentang kelestarian alam yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar dan hadis
riwayat Muslim dari Abu Hurairah dan hadis tentang mencintai anak
yatim riwayat Al-Bukhari dari Sahl bin Saad dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah
beserta artinya !
|
Dihafalkan sebelum ulangan akhir semester gasal
|
Tugas mandiri tidak terstruktur
|
Komentar