Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur (2)

Contoh Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur untuk siswa  MTs Kelas VIII mata pelajaran Qur'an Hadits Semester Gasal Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah sebagai berikut:
TUGAS MANDIRI
TERSTRUKTUR DAN TIDAK TERSTRUKTUR

Nama Madrasah         : MTs
Mata Pelajaran           : Qur’an Hadits
Kelas/Semester           : VIII / Gasal
Tahun Pelajaran          : 2016/2017

Kompetensi Inti:
1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.         Memahami  dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.         Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


Kompetensi Dasar
Kegiatan
Waktu
Keterangan
1.1.  Menyadari keutamaan membaca al Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
2.1.  Terbiasa membaca al Qur’an dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
3.1.  Memahami ketentuan hukum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun dalam Al-Qur’an surah-surah pendek  pilihan
4.1.  Menerapkan hukum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun dalam Al-Qur’an surah-surah pendek  pilihan

Carilah dengan mengadakan penelitian ayat-ayat di dalam al-Qur’an yang mengandung hukum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘aridh lissukun dengan mengisikan hasil penelitian kalian pada kolom-kolom yang sesuai!
Dikumpulkan pada pertemuan minggu berikutnya

Tugas mandiri terstruktur

1.2.  Meyakini bahwa setiap rezeki telah ditentukan Allah
2.2.  Terbiasa bersikap taat sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Quraisy dan Q.S. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah.
3.2.  Memahami isi kandungan Q.S. al-Quraisy dan Q.S. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah
4.2. Mensimulasikan sikap tolong menolong dan peduli terhadap anak yatim Q.S. al-Kautsar (108) dan Q.S. al-Ma‘un (107)

Hafalan Q.S. al-Quraisy dan QS.al-Insyirah terjemahannya!
Dihafalkan hingga  sebelum ulangan akhir semester gasal
Tugas mandiri tidak terstruktur
1.3.  Menghayati keutamaan tolong-menolong dan menyantuni anak yatim
2.3.  Memiliki sikap tolong menolong dan mencintai anak yatim sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Kautsar (108) dan Q.S. al-Ma’un (107) dan hadis tentang perilaku tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar
3.3.  Memahami isi kandungan Q.S. al-Kautsar (108) dan Q.S. al-Ma’un (107) tentang kepedulian sosial dan isi kandungan hadis tentang perilaku tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah dan hadis tentang mencintai anak yatim riwayat Al-Bukhari dari Sahl bin Saad dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
4.3.  Mensimulasikan sikap tolong menolong sesame muslim seauai isi kandungan hadis tentang tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah dan hadis tentang mencintai anak yatim riwayat Al-Bukhari dari Sahl bin Saad dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah dalam fenomena kehidupan dan akibatnya

Hafalkan hadits tentang kelestarian alam  yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah dan hadis tentang mencintai anak yatim riwayat Al-Bukhari dari Sahl bin Saad dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah beserta artinya !
Dihafalkan sebelum ulangan akhir semester gasal
Tugas mandiri tidak terstruktur

Komentar

ARTIKEL LAINNYA

Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur (1)