KI Dan KD Qur'an Hadits Kelas IX MTs

KI DAN KD
Mata Pelajaran Qur'an Hadits Kelas 9
SESUAI DENGAN KMA 165



A.1.   KELAS IX SEMESTER GANJIL  
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya


1.1          Menyadari keutamaan membaca al Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
1.2          Menyadari pentingnya menjaga kelestarian  alam
1.3         Meyakini kekuasaan Allah pada fenomena alam yang terjadi
2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1        Terbiasa membaca al Qur’an dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
2.2        Terbiasa menyikapi dengan baik fenomena alam sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Qari‘ah (101), Q.S. al-Zalzalah (99)
2.3         Memiliki sikap peduli terhadap lingkungan sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan hadis tentang kelestarian alam
3      Memahami dan menerapkan  pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.1        Memahami ketentuan  hukum mad silah, mad badal, mad tamkrn, dan mad farqi dalam Q.S. al-Qari‘ah (101), Q.S. al-Zalzalah (99)  dan pada surah-surah pendek pilihan
3.2        Memahami isi kandungan Q.S. al-Qari‘ah (101, Q.S. al-Zalzalah (99)   tentang fenomena alam dalam kehidupan
3.3         Memahami keterkaitan isi kandungan hadis riwayat At-Tirmizi
(مَن ْأَحْيى أَرْضًامَيِّتَةً...)
 riwayat Ibnu Majah
(مَنْ حَفَرَ بِئْرًا فَلَهُ أَرْبَعُوْنَ ذِرَاعًا...)
 riwayat Ahmad
(عَنْ إِخْصَاءِ الْخَيْلِ ...)
 riwayat Al-Bazzar
نَهَى صَيْرِ الرُّوْحِ ...
tentang perilaku menjaga dan melestarikan lingkungan alam dengan fenomena kehidupan dan akibatnya
4      Mengolah,  menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

4.1       Mempraktikkan hukum mad silah, mad badal, mad tamkrn, dan mad farqi dalam Q.S. al-Qari‘ah (101), Q.S. al-Zalzalah (99)  dan pada surah-surah pendek pilihan.
4.2       Mendemontrasikan sikap tentang upaya pelestarian alam sesuai hadis riwayat At-Tirmizi
(مَن أَحْيى أَرْضًامَيِّتَةً...).
 riwayat Ibnu Majah
(مَنْ حَفَرَ بِئْرًا فَلَهُ أَرْبَعُوْنَ ذِرَاعًا...)
 riwayat Ahmad
(عَنْ إِخْصَاءِ الْخَيْلِ ...)
 riwayat Al-Bazzar
نَهَى صَيْرِ الرُّوْحِ ... tentang  menjaga dan melestarikan lingkungan alam


A.2.   KELAS IX SEMESTER GENAP

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR BARU
1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1   Menyadari keutamaan membaca al Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
1.2   Menyadari pentingnya memanfaatkan waktu dan mencari ilmu
1.3   Menghayati fenomena alam sebagai sumber ilmu pengetahuan
2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Terbiasa membaca al Qur’an dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
2.2      Memiliki semangat menghargai waktu dan mencari ilmu sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-‘Asr (03) dan Q.S. al-‘Alaq (96)
2.3     Membiasakan sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar mengenai menghargai waktu
3.  Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.1     Memahami ketentuan hukum mad lazim mukhaffaf kilmi, musaqqal kilmi, mad lazim musaqqal harfi, dan mad lazim mukhaffaa harfi dalam Al-Qur’an
3.2     Memahami isi kandungan Q.S. al-Asr (03) dan Q.S. al-‘Alaq (96) tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu
3.3     Memahami keterkaitan isi kandungan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar
كُنْ فِي الدُّنْيَا كَأَنَّكَ غَرِيْبٌ ...
tentang perilaku menghargai waktu dan hadis riwayat Ibnu majah dari Anas bin Malik
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِ مُسْلِمٍ
tentang menuntut ilmu
4      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

4.1          Mempraktikkan hukum mad lazim mukhaffaf kilmi, musaqqal kilmi, mad lazim musaqqal harfi, dan mad lazim mukhaffaa harfi dalam Al-Qur’an
4.2         Membuat jadwal kegiatan harian yang mencerminkan pemanfaatan waktu dan menuntut ilmu sesuai Q.S. al-‘Asr (03) dan Q.S. al-‘Alaq (96) dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar
كُنْ فِي الدُّنْيَا كَأَنَّكَ غَرِيْبٌ ...
tentang perilaku menghargai waktu dan hadis riwayat Ibnu majah dari Anas bin Malik
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِ مُسْلِمٍ
tentang tentang menuntut ilmu

Komentar

ARTIKEL LAINNYA

Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur (1)