KI Dan KD Qur'an Hadits Kelas IX MTs
KI DAN KD
Mata Pelajaran Qur'an Hadits Kelas 9
SESUAI DENGAN KMA 165
A.1. KELAS IX SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menyadari keutamaan membaca al Qur’an dengan baik dan benar
sesuai kaidah Ilmu Tajwid
1.2
Menyadari pentingnya menjaga
kelestarian alam
1.3
Meyakini kekuasaan Allah pada
fenomena alam yang terjadi
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Terbiasa membaca al
Qur’an dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
2.2
Terbiasa menyikapi
dengan baik fenomena alam sebagai implementasi dari pemahaman tentang
kandungan Q.S. al-Qari‘ah (101), Q.S. al-Zalzalah (99)
2.3
Memiliki sikap peduli terhadap lingkungan sebagai
implementasi dari pemahaman tentang kandungan hadis tentang kelestarian alam
|
3
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami ketentuan hukum mad silah, mad badal, mad
tamkrn, dan mad farqi
dalam Q.S. al-Qari‘ah (101), Q.S. al-Zalzalah (99) dan pada surah-surah pendek pilihan
3.2
Memahami isi
kandungan Q.S. al-Qari‘ah (101, Q.S. al-Zalzalah (99) tentang fenomena alam dalam kehidupan
3.3
Memahami keterkaitan
isi kandungan hadis riwayat At-Tirmizi
(مَن ْأَحْيى أَرْضًامَيِّتَةً...)
riwayat Ibnu Majah
(مَنْ
حَفَرَ
بِئْرًا
فَلَهُ
أَرْبَعُوْنَ
ذِرَاعًا...)
riwayat Ahmad
(عَنْ
إِخْصَاءِ
الْخَيْلِ ...)
riwayat Al-Bazzar
نَهَى
صَيْرِ
الرُّوْحِ ...
tentang perilaku menjaga dan melestarikan lingkungan alam dengan
fenomena kehidupan dan akibatnya
|
4
Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Mempraktikkan hukum mad silah, mad badal, mad tamkrn,
dan mad farqi dalam Q.S. al-Qari‘ah (101), Q.S.
al-Zalzalah (99) dan pada surah-surah
pendek pilihan.
4.2 Mendemontrasikan sikap tentang upaya pelestarian alam sesuai
hadis riwayat At-Tirmizi
(مَن أَحْيى أَرْضًامَيِّتَةً...).
riwayat Ibnu Majah
(مَنْ
حَفَرَ
بِئْرًا
فَلَهُ
أَرْبَعُوْنَ
ذِرَاعًا...)
riwayat Ahmad
(عَنْ
إِخْصَاءِ
الْخَيْلِ ...)
riwayat Al-Bazzar
نَهَى
صَيْرِ
الرُّوْحِ ... tentang
menjaga dan melestarikan lingkungan alam
|
A.2. KELAS IX SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR BARU
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menyadari keutamaan
membaca al Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
1.2 Menyadari
pentingnya memanfaatkan waktu dan mencari ilmu
1.3 Menghayati
fenomena alam sebagai sumber ilmu pengetahuan
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Terbiasa membaca al Qur’an dengan baik dan benar dalam kehidupan
sehari-hari
2.2
Memiliki semangat menghargai waktu dan
mencari ilmu sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-‘Asr
(03) dan Q.S. al-‘Alaq (96)
2.3
Membiasakan sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari sebagai
implementasi dari pemahaman tentang kandungan hadis riwayat Al-Bukhari dari
Abdullah bin Umar mengenai menghargai waktu
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.1
Memahami ketentuan
hukum mad lazim mukhaffaf kilmi, musaqqal kilmi, mad lazim musaqqal harfi,
dan mad lazim mukhaffaa harfi dalam Al-Qur’an
3.2
Memahami isi
kandungan Q.S. al-‘Asr
(03) dan Q.S. al-‘Alaq (96) tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu
3.3
Memahami keterkaitan
isi kandungan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar
كُنْ
فِي
الدُّنْيَا كَأَنَّكَ
غَرِيْبٌ
...
tentang perilaku menghargai waktu dan hadis riwayat Ibnu majah
dari Anas bin Malik
طَلَبُ
الْعِلْمِ
فَرِيْضَةٌ
عَلَى
كُلِ
مُسْلِمٍ
tentang menuntut ilmu
|
4
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1
Mempraktikkan hukum mad
lazim mukhaffaf kilmi, musaqqal kilmi, mad lazim musaqqal harfi, dan mad
lazim mukhaffaa harfi dalam Al-Qur’an
4.2
Membuat jadwal
kegiatan harian yang mencerminkan pemanfaatan waktu dan menuntut ilmu sesuai
Q.S. al-‘Asr (03) dan Q.S. al-‘Alaq (96) dan hadis
riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar
كُنْ
فِي
الدُّنْيَا
كَأَنَّكَ
غَرِيْبٌ
...
tentang perilaku menghargai waktu dan hadis riwayat Ibnu majah
dari Anas bin Malik
طَلَبُ
الْعِلْمِ
فَرِيْضَةٌ
عَلَى
كُلِ
مُسْلِمٍ
tentang tentang menuntut ilmu
|
Komentar